Pulau Rambai

Desa Pulau Rambai adalah satu dari sembilan desa yang ada di Kecamatan Kampa, salah satu wilayahnya adalah sebuah pulau yang membelah sungai Kampar, darinya nama desa diambil yakni Pulau Rambai.
Pulau Rambai ini secara administratif terbagi dalam dua pemerintahan desa, sebagaian besar pulau adalah Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampa, sebagaian kecil wilayah masuk dalam Desa Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya.
Akses menuju Pulau Rambai hanya dengan perahu atau rakit penyeberangan dan letaknya yang berada ditengah sungai Kampar menyebabkan daerah ini rawan banjir, bulan Desember 2018 lalu ketika sungai Kampar meluap daerah tersebut dilanda banjir, akses ke Pulau Rambai jadi lumpuh sehingga menyulitkan distribusi bantuan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pulau tersebut, satu-satunya jalan menuju pulau tersebut hanya dengan speedboad yang disediakan oleh Basarnas.
Banjir yang terjadi tersebut berlangsung selama 7 hari (seminggu), untuk pelayanan kesehatan masyarakat pulau Rambai, Puskesmas Kampar Timur mendirikan posko ditepian sungai menuju pulau tersebut dan di dalam Pulau.
Posko di Pulau Rambai: dr. Muzakir dan team melayani masyarakat
Kepala Puskesmas Kampar Timur Fitri Yeni, SKM beserta staff naik perahu berkeliling pulau langsung melayani keluhan kesehatan masyarakat

Alhamdulillah Februari 2019 ini Jembatan Gantung Pulau Rambai selesai dibangun, jembatan tersebut dapat dilalui oleh kenderaan roda dua dan roda empat berbadan kecil (cth. Avanza, dll), selain sebagai akses jembatan tersebut menjadi objek swafoto (selfie), tak ketinggalan para staff Puskesmas Kampar Timur setelah melaksanakan kegiatan dari pulau tersebut 😍😍😍

Jembatan Gantung Pulau Rambai Kecamatan Kampa
Foto Syantik...

1 komentar:

Posting Komentar